Wednesday, 2018-06-20
Hamster Online
Site menu
Section categories
Umum [15]
Komputer [36]
Kreatif [3]
Space Kosong
Adsense Indonesia
&
Bersepeda Yuk....
Main » Files » Ilmu » Komputer

"Value Not Available" (#N/A) pada VLOOKUP atau HLOOKUP
2011-04-08, 6:38 PM
Ketika formula VLOOKUP atau HLOOKUP menghasilkan nilai #N/A kemungkinan besar data yang anda masukkan tidak ditemukan pada table array. Seperti yang telah di bahas pada tulisan sebelumnya tentang Teori Lookup and Reference Function, Vlookup pengertian sederhananya pencarian dengan kata kunci tertentu pada table array yang telah didefenisikan. Ketika value yang anda masukkan tidak ditemukan pada table array, maka Vlookup akan menghasilkan nilai #N/A. Ketika hal ini terjadi terkadang membuat anda tampak seperti tidak profesional, padahal bukan berarti rumus anda salah, tetapi data yang dicari tersebut belum ada di dalam table array. Maka ketika data tidak ditemukan sebaiknya muncul "Data not Found” atau "Data tidak ditemukan” bukan "#N/A”. Bagaimana cara menambahkan opsi ini?, maka pada VLOOKUP kita harus menggabungkannya dengan fungsi IF dan COUNTIF.

Logikanya begini, Fungsi VLOOKUP harus menjadi salah satu kondisi di dalam area Fungsi IF, sementara COUNTIF adalah pernyataan dari Fungsi IF, perhatikan gambar berikut:

dari gambar di atas maka untuk mengganti #N/A menjadi "Data Tidak Ditemukan” atau "Data Tidak Ada”, disamping fungsi VLOOKUP maka anda juga harus memahami logika fungsi IF dan COUNTIF. Jika sudah, maka mari kita lanjut…. baca hal berikut pelan-pelan:

Menurut gambar di atas, maka semua fungsi (COUNTIF dan VLOOKUP) harus berada di dalam fungsi IF

Seperti kita ketahui bahwa Fungsi IF harus punya pernyataan yang bisa dijawab (bernilai) dengan iya atau tidak, benar atau salah, TRUE atau FALSE

Pernyataan tersebut diwakili oleh fungsi COUNTIF, jadi sebelum melaksanakan perintah VLOOKUP, terlebih dahulu fungsi IF memeriksa ketersediaan data dengan memanfaatkan fungsi COUNTIF, rumusnya seperti ini COUNTIF(area_kata_kunci,kata_kunci) maka rumus if menjadi

=IF(COUNTIF(Area_Kata_Kunci,Kata_Kunci)>0,…..

ini maksudnya "Jika kata kunci ada dalam area kata kunci maka…..” Jadi ketika kata kunci ada di dalam area kunci tersebut maka pernyataan ini menjadi TRUE, jika tidak maka nilai pernyataan tersebut menjadi FALSE.

Jika pernyataannya TRUE maka baru kita jalankan fungsi VLOOKUP, sehingga rumusnya seperti ini

=IF(COUNTIF(Area_Kata_Kunci,Kata_Kunci)>0,VLOOKUP(Kata_Kunci,Table_Array,Kolom_Ke,False),…)

Jika pernyataannya FALSE kita sampaikan "Data Tidak Ada” atau "Data Tidak Ditemukan” maka rumusnya menjadi

=IF(COUNTIF(Area_Kata_Kunci,Kata_Kunci)>0,VLOOKUP(Kata_Kunci,Table_Array,Kolom_Ke,False),”Data Tidak Ada”)

Sekarang perhatikan bagaimana saya mempratekkan hal yang telah sampaikan, pada gambar di bawah ini (klik gambar jika tidak terlalu jelas):

Category: Komputer | Added by: hamster
Views: 1080 | Downloads: 0 | Rating: 1.0/1

Statistics

widgeo.net

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Berita Terkini

Link Friend
Globe

ip address
Copyright MyCorp © 2018  Create a free website with uCoz