Saturday, 2018-07-21
Hamster Online
Site menu
Section categories
Umum [15]
Komputer [36]
Kreatif [3]
Space Kosong
Adsense Indonesia
&
Bersepeda Yuk....
Main » Files » Ilmu » Komputer

Tutorial Photoshop - Out of Bound
2012-12-02, 4:15 AM
1. ok, first kita harus buka photoshop dan punya fotonya, foto yg gw pake ini foto pas gw lagi visit ke taman bunga di puncak


2. next, dari sini kita harus bikin layer baru, tujuannya buat bikin backgroundnya, nah digambar bisa di liat setelah buka point layer, dibagian bawah jendelanya ada gmbar tong sampah dan disebelahnya ada gmbar kotak, nah itu point buat bikin new layer.


3. nah, sobat semua bisa milih warna kesukaan kalian, kalo gw pilih warna ijo muda sebagai background, trus ijo tua sebagai foreground. kalian bisa pilih warna sesuka hati ^^


4. nah, di awal kan tadi bikin layer baru, sekarang kita mau bkin backgroudnya. caranya, liat layer yg udah dibikin, kan ada foto kita, sama layer yg kosong. nah layer yg kosong itu diilangin, caranya ada gmbar mata di sebelah masing2 layer, nah icon mata yg disebelah foto kita diilangin, jadinya persis kaya digambar.


5. nah, tinggal cari logo gradient. temen2 bisa pencet tombol "G", nah trus nanti di kotak atas ada pilihan kaya di gambar, bisa pilih seperti digambar. pilih juga jenisnya linear gradient. kalo pencet kaga ktemu, bisa diliat di tool sebelah kiri ada gambar ember, nah itu di klik, tahan, trus ada pilihan kotak warna item, nah itu dia gradient pilih itu. ^^

6. abis kaya tadi, kalian bisa klik mouse di jendela editing, tahan trus drag ke pojok atas, kaya di gambar

7. udah keliatan kan hasilnya? kalian bisa bebas berkreasi dengan pilihan gradient yg ada, juga dengan warna yg ada ^^

8. abis itu sobat bisa balikin lagi gambar yg mau di edit tadi, caranya ya kembaliin lagi icon mata disebelah layernya, itu cara buat nampilin fotonya lagi 


9. abis itu mulai deh, pilih tool marque, ada di kiri pojok atas pilihan tools kaya di gambar, ato gampangnya bisa tinggal pencet "m" aja. abis itu sob bikin petak kaya dari sana, usahain petaknya itu setengah dari gambar, biar agak bagusan :p. kalo salah bikin, ngilangin kotak putus2 nya pake ctrl + D, trus bikin lagi.


10. setelah ada kotaknya jangan diilangin, naik ke barisan paling atas, pilih edit - transform - pilih perspective, digambar lebih jelas


11. dari situ, sobat bisa liat kotaknya jadi berubah kan? nah kita ambil pojok sebelah kanannya, trus di drag ke arah tengah. hasilnya nanti bagian atas kotaknya jadi ngecil. liat gambar


12. setelah gitu, sudahi dengan pencet ctrl + enter, tar balik lagi jadi garis putus2. dari situ sobat ambil pilihan add layer mask, posisinya ada dibawah layer deket2 sama pilihan kita bikin layer baru tadi.


13. dari sana, gambarnya nanti jadi bakal kepotong. tenang, itu bagian dari trik! kita bikin lagi layer baru dari layer yg udah kita bikin tadi. caranya, pastiin foto kita tadi yg udah ke select, taunya dari layer foto kita yg warna item, bukan yg backgroundnya. nah kalo udah, bisa pilih di bagian atas pilih Layer - Duplicate layer, trus ok. kita udah dapet layer yg baru deh! 


14. pilih layer yg baru kebikin tadi, kalo disini layer yg paling atas. trus liat di layer, disbelah layer yg baru itu kan ada gambar lagi kan? nah itu di klik kanan - delete layer mask. tar mask nya jadi ilang deh....

15. kan udah kosong kan? nah bagian ini yg butuh sedikit kesabaran. kalian harus misahin objek yg pengen dikeluarin dari foto, dipisahin dari foto aslinya. caranya? kalo gw sih yg gampang aja, pake quick selection tool. caranya? gambar gw di ambil, pkoknya cuma gambar gue, phon2 diblakagnnya g boleh ikutan. liat gambar deh.


16. hasilnya jadi badan gue dikelilingin sama garis putus2, dan itu artinya gambar gue udah siap buat diedit. setelah siap, kalian pilih lagi add vector mask, icon yg ada di bawah layer yg kita pilih buat motong gambar sebelomnya di point 12.


17. oke, udah di klik? hasilnya bakal jadi kaya gini. hasil itu didapet dari potongan yg bawah ketindih sama potongan yg atas, jadinya kaya nyatu. padahal belom nyatu! ^^


18. dari situ kalian bikin layer baru lagi, bisa dibagian bawah tadi deket tong sampah, bisa juga pilih Layer - New - Layer, ok. jadinya layer kita nambah satu lagi deh!


19. tetep stay di layer baru yg kosong itu, trus pencet CTRL + pilih mask yg ada digambar pertama. liat gambar.


20. dari situ cari pilihan diatas itu, trus cari pilihan Edit -Stroke. dari situ pastiin px nya 40, trus warnanya putih, inget PUTIH! warna itu nantinya bakal jadi pinggiran fotonya.


21. kalo caranya bener, fotonya pasti jadi kepotong garis putih gitu kan? iya kan? IYA KAN! IYA GA!!
hehehe, bro dan sist tinggal susun layernya. caranya, layer kosong yg terakhir itu, di drag trus taro diantara foto kita . liat gambar biar lebih jelas



22. setelah kegabung dan rapih, saatnya gabung ketiga layer itu. inget, yg digabung cuma layer bagian atas, bagian bawah, sama yg berisi garis putih. kalo digambar sebelomnya, pilih layer yg nomor 1, 2, dan 3. inget, jangan digabung sama layer backgroundnya!


23. nah jadinya nanti 3 layer itu jadi nyampur jadi satu. nah dari situ, tinggal fotonya di bengkok2in biar kaya foto beneran. caranya, pilih Edit - Transform - Warp. tar, fotonya jadi ada kotak2 gitu sob, biasanya sih ada 9 kolom.


24. nah, hasilnya jadi kaya gini. setelah keluar kolom2 gitu, sob semua tinggal ambil sudut2 bagian bawah, trus tarik ke arah atas, tujuannya biar gambarnya keliatan foto yg bengkok gitu. kalian bisa berkreasi sebebas mungkin mau gimana bengkoknya. ASAAALLL!!! jangan sampai gambar objectnya kebengkok juga, kalo di gambar gw, jangan sampai gambar gw ikutan bengkok.


25. OK! urusan edit2an udah kelar. sekarang nambahin dikit biar lebih real. kalian bisa bikin layer baru, kan udah tau kan caranya? liat nomor2 sebelomnya. setelah ada layer baru, taro diantara poto dan background. cara nyusunnya udah tau juga kan??? dari sini, coba gambarnya di angkat sedikit. maksudnya biar bisa naro bayangan. liat gambar gw, di gambar2 sebelomnya kalian bisa liat gambarnya mepet ke bawah kan? nah sekarang gw geser ke atas. caranya? tinggal pencet "v" , trus pilih layer gambarnya, nah trus drag gambarnya trus dipindahin sesuka hati. liat contoh di bawah.


26. ini finishing, kalian pilih layer kedua alias layer yg kosong, trus pilih "Brush". bisa pencet "B" ato pilih di tools di sebelah kiri, cari aja yg namanya brush. kalo udah pilih brush, nah kalian bisa semprot warna item (warnanya bisa dipilih sesuka hati di bagian foreground, tapi buat bayangan mendingan item). semprotnya di layer kosong itu ya, jangan ditempat lain. nah semprot aja dibagian bawah foto, jadinya kaya ada efek bayangan gitu kan? kalo masih bingung bisa liat gambar, bikinnya sepanjang garis  merah dipinggir-pinggir foto.
 kalo seandainya terlalu gelap ato ketebelan, bisa di liat di bagian layer ada tulisan "Opacity", nah itu bisa diatur seberapa tebelnya...yg penting biar keliatan real! ^^ di foto gw, di atur 50%...


langkah selanjutnya, tinggal PAMERIN KE TEMEN2!!
gimana sob? mudah banget kan?

kalian bisa berkreasi dengan berbagai macam foto dan jenis - jenis out of bound nya, tinggal ikutin cara cara diatas kurang lebih.


selamat berkreasi bro dan sist, tungguin tutorial gw yang laen ya!!!


referensi
http://www.youtube.com/watch?v=LbUgltl9DgM
http://puil-upil.blogspot.com/2012/07/teknik-unik-photoshop-out-of-bound.html
Category: Komputer | Added by: hamster
Views: 827 | Downloads: 0 | Rating: 0.0/0

Statistics

widgeo.net

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Berita Terkini

Link Friend
Globe

ip address
Copyright MyCorp © 2018  Create a free website with uCoz